Senin, 04 Mei 2015

Bagi sebagian orang yang mendengar kata “Bawang Dayak” pasti akan merasa aneh dengan nama bawang tersebut karena selain namanya jarang di dengar, jenis bawang tersebut juga belum bisa ditemukan di setiap tempat layaknya jenis bawang yang lain. 

Banyak hal yang bisa diuraikan tentang bawang dayak ini, mulai dari morfologi tanamannya, bagaimana bentuk fisik bawang ini, manfaat yang bisa didapatkan dari bawang ini, kandungan kimiawi yang terdapat dalam bawang ini, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, bahasan artikel kali ini hanya akan membahas tentang manfaat bawang dayak bagi kesehatan. Info ini sangat penting untuk diketahui agar sebagai manusia yang memiliki potensi sakit dan gangguan kesehatan, kita bisa mengetahui beberapa bahan alami di dunia ini yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasinya, dan salah satunya dengan bawang dayak. 

Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan
Oke, langsung saja kita bahas lebih lanjut tentang manfaat bawang dayak bagi kesehatan manusia.

Bawang yang dikenal juga dengan nama bawang berlian ini sudah dikenal oleh penduduk setempat di daerah Kalimantan sebagai bahan baku obat untuk pencegahan dan solusi dari berbagai penyakit seperti jantung, anti-inflamasi, anti kanker payudara, anti tumor, dan anti pendarahan. 

Manfaat bawang dayak terhadap penyakit yang disebutkan diatas dikarenakan kandungan alami yang terdapat didalamnya, yaitu unsur senyawa bernama Naphtoquinonens beserta berbagai turunannya, antara lain : Eleuthernone, Elecanacine, Eleutherol, Eleutherine. 

Penjelasan tentang bagaimana senyawa tersebut bisa memberikan manfaat sebagai solusi berbagai penyakit diatas, bisa dibaca melalui artikel tentang “Ajaibnya Kandungan Bawang Dayak Yang Harus Diketahui”. 

Untuk mendapatkan manfaat bawang dayak, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan umbinya. Cara penyajiannya pun sangat beragam dan bisa dipilih sesuai keinginan, baik disajikan dalam bentuk manisan, disajikan langsung dalam kondisi segar, diolah menjadi powder (bubuk), dan dijadikan dengan cara simplisia atau dengan cara mengeringkannya. 

Penjelasan tentang cara mendapatkan manfaat bawang dayang dengan cara simplisia bisa dibaca melalui artikel “Teknik Penyajian Bawang Berlian Dengan Cara Simplisia”. 

Demikianlah artikel tentang manfaat bawang dayak bagi kesehatan secara gambaran umum. Untuk mendapatkan penjelasan lebih detail tentang bawang berkhasiat ini, silahkan baca artikel yang lainnya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar